Rabu, 13 Agustus 2008

Yang Ditawarkan oleh KAS

Sektor Pertanian
Untuk sektor pertanian, kawasan ini memiliki kebun jagung hibrida, kebun stroberry, screen house stroberry, screen house gold melon dan sebagian talas semir. Disamping lahan KAS yang sudah dikelola oleh pihak KAS sendiri, lahan KAS juga dikelola oleh warga sekitar. Warga sekitar berkebun di lahan KAS dengan persetujuan dari pihak KAS, mereka menanam berbagai macam komoditas pertanian dan perkebunan diantaranya jagung, ubi kayu, ubi jalar, cabe rawit, bawang daun, kacang merah, kacan tanah, kacan panjang, tembakau, sawi, pisang, kopi, dll. Khusus untuk stroberry dan gold melon, kalian bisa membawanya untuk oleh-oleh. Ya enggak gratis sih... harga stroberry per kilo adalah 35.000 rupiah dan untuk gold melon harganya 11.000 rupiah per kilo. Berminat beli oleh-oleh? Enak lho...
Di kawasan ini juga terdapat macam-macam pohon buah-buahan, diantaranya alpukat, mangga, nangka, buah naga, buah merah (yang sampai saat ini belum pernah berbuah, hehe..) dll. Tanaman hias dan tanaman toga (obat) juga ada di kawasan ini lho.

Sektor Peternakan
Di sektor ini, KAS memiliki peternakan domba dan sapi. Untuk ternak domba sampai saat ini berjumlah lebih dari 100 ekor. Itu adalah domba hasil penggemukan dan anakan. Dan rencana kedepan akan dilaksanakan pengadaan kambing, khusus untuk diambil susunya. Sekedar info aja nih. Katanya susu kambing itu lebih bagus dari pada susu sapi. Karena susu kambing bisa menutupi tulang keropos, kalo susu sapi malah sebaliknya (masih katanya). Jadi untuk para manula, dan kalian yang ingin punya tulang kuat minumlah susu kambing. Mbeeeeeeee..... Khusus untuk sapi, kawasan ini memiliki sapi perah, dan di sini kalian bisa belajar memerah susu sapi sendiri. Mmmmooooooohhh........
Sektor Perikanan
Emmmmmmh... apa ya? (^^,)
Kayaknya ini berita bagus buat para penggemar acara memancing. Di kawasan ini ada kolam pemancingan khusus ikan patin. Tapi bagi yang nggak biasa mancing ikan patin, ada juga kok kolam pemancingan ikan mas. Selain itu, di KAS terdapat kolam ikan untuk induk, anakan dan pembesaran. Di kolam tersebut terdapat ikan mas, mujair dan ikan gurame. Untuk penggemar ikan hias pun dapat ditemui disini. Yaitu di hachery ikan hias. Kalian bisa melihat keindahan ikan hias di hatchery ini. Buat para orang tua yang membawa anak kecil harap dijaga baik-baik ya, jangan dibiarkan sendirian di kolam, ‘ntar kecebur, Jadi basah deh. (perhatian banget nih......)
Sektor Pariwisata
Ini nih yang paling menarik. Kalian bisa bersenang-senang sepuasnya disini. Kalian bisa bermain di kolam ikan, dimana kolam ikan ini berada di dekat pendopo (gazebo). Masih disekitar gazebo, kalian bisa metik stroberry sendiri, yang pasti ditemani para petugas. KAS juga memiliki cafe lho... kalian biasa pesan makanan di sini, atau hanya untuk duduk sambil menikmati udara pegunungan (itupun kalo ga malu duduk di cafe tapi ga jajan), di cafe ini telah disediakan stroberry yang sudah dipack dengan berat 100 gr, harga satu pack 3.500 rupiah. Atau mungkin ingin minum jus stroberry atau melon, tinggal bilang aja ke petugasnya.
Di sebelah selatan disekitar ketinggian 1.000 mdpl terdapat rumah pohon, kalian bisa berleha-leha disana, atau mau bikin pesta kecil-kecilan, bisa aja kok. Bagi yang suka ber-outbone, di area rumah pohon ini terdapat flying fox, yang punya nyali pasti pengen nyobain. Atau suka jalan kaki manyusuri gunung, lumayan jauh juga sih track-nya nyampe muter-muter. Dan disalah satu lembah ada air terjunnya loh, emang 'ga tinggi dan besar sih, tapi bisa memuaskan hati. Namanya Curug Inten.
Dan para crrosser atau yang suka bersepeda gunung, kawasan ini juga memiliki jalan (track) terusan melewati gunung ke Cicalengka Kab. Bandung. Yang pasti asyik banget untuk dicoba.

Tidak ada komentar: